49 Robot Ikuti Kontes Robot Indonesia



YOGYAKARTA--MI: Sebanyak 49 robot diikutkan dalam Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan Dirjen Dikti dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dari 49 robot tersebut, 14 robot ikut untuk kategori Kontes Robot Indonesia (KRI) dan 35 robot untuk kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Kontes robot itu diselenggarakan 17-18 Mei 2008 di Gedung Graha Sabha Pramana UGM.

Sekretaris Umum Panitia, Rachmat A Sriwijaya, Sabtu (17/5) mengatakan robot-robot yang ikut kontes tersebut merupakan hasil karya anak bangsa dari universitas-universitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah dan Kalimantan.

"Tema Kontes Robot Indonesia kali ini adalah 'Govinda', mengacu pada sebuah festival di India yang mirip dengan panjat pinang di Indonesia. Juara pertama, kedua dan ketiga akan dikirim ke Kontes Robot Indonesia Nasional di Universitas Indonesia, Jakarta pada 14 Juni 2008," ungkapnya.

Sementara itu, dalam serangkaian acara kontes robot tersebut juga diselenggarakan pameran robot terbesar di Yogyakarta. Pameran itu dikemas dalam acara 'Jogja Robot Exhibition'.

Pameran tersebut menampilkan cosplay dan robot show dari beberapa sekolah dan universitas di Yogyakarta dan dimeriahkan acara workshop robot Jepang bersama Prof Yamamoto dari Universitas Kyushu, Jepang, serta diadakan juga pembuatan film robot J-Toku.


Sumber : MediaIndonesia.com

0 comments: