Menkominfo: Bill Gates Datang Bukan untuk 'Perang'



Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh mengatakan, Bill Gates datang ke Indonesia bukan untuk memanaskan 'perang' Open Source versus Microsoft. Sebelumnya, sempat beredar isu bahwa kehadiran Gates akan memperlancar penggunaan format dan software proprietary di pemerintahan.

"Kehadiran Bill Gates bukan untuk memperkuat posisi proprietary, tapi untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah dan Microsoft," ujarnya ketika ditemui di Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi, Rabu (7/5/2008).

"Sekarang sudah nggak jamannya hadap-hadapan lagi antara Open Source dan proprietary. Yang lagi kita gagas sekarang ini interoperability software, agar keduanya bisa berjalan berdampingan, seperti interoperability di sektor telekomunikasi," Nuh buru-buru melengkapi pernyataannya.

Masih menurut menteri, kehadiran orang nomor satu raksasa software dunia itu di ajang Government Leadership Forum (GLF) di Jakarta, justru bisa mempromosikan potensi ICT Indonesia ke tingkat dunia.

"Itu karena semua negara connected dengan GLF. Melalui GLF, kita bisa buka hubungan dengan negara lain termasuk vendor besar seperti Microsoft," Nuh menjelaskan.

Terkait kerjasama, menteri menegaskan tidak akan menodong vendor software terbesar itu untuk berinvestasi di Indonesia. "Tidak elok kalau kita harus minta-minta. Tapi bagaimana antara kita dan Microsoft bisa saling memahami, saling menghormati, saling percaya, dan saling menguntungkan," pungkasnya.

Sumber : Detikinet.com

0 comments: